Minggu, 29 Desember 2013

MEDIA PEMBELAJARAN : MIMIKRI KUBUS



Salah satu alat peraga yang ditampilkan dibawah ini adalah “MIMIKRI KUBUS”.  Alat peraga ini dibuat untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Media Pembelajaran Matematika. Regina Deshinta T. dan Olaf Eko N. menjadi rekan satu tim saya (Siti Munirah). Kata “MIMIKRI” diambil dari istilah biologi. 
Di saat Bunglon merasa terancam , Ia akan mengubah warna kulitnya menjadi serupa dengan warna lingkungan sekitarnya, sehingga keberadaannya tersamarkan. Fungsi penyamaran demikian disebut mimikri.”

Nama “MIMIKRI KUBUS” sendiri merupakan hasil pemikiran Olaf Eko. Hal ini disesuaikan dengan konsep alat peraga yang kami buat, “Satu Alat Peraga untuk Banyak Fungsi”. Artinya, alat peraga ini dapat diubah-ubah untuk sebagai alat peraga untuk beberapa materi yang berkaitan dengan kubus. Lebih lanjut mengenai alat peraga ini, berikut uraiannya.

ALAT PERAGA MATEMATIKA
MIMIKRI KUBUS

 

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang terkesan sulit bagi sebagian siswa. Anggapan tersebut mengakibatkan turunnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Hal ini berdampak pada pemahaman materi matematika siswa disekolah.
Menurut Ratini, Rumgayatri, dan Siti Mustaqimah (2001) dalam penelitiannya mengatakan kesulitan belajar matematika umumnya disebabkan karena sifat dari matematika yang memiliki objek abstrak.Pelajaran matematika yang terkesan sulit ini bagi sebagian siswa merupakan salah satu kendala bagi siswa untuk memahami dan menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan matematika. Permasalahan ini sudah menjadi problema umum dalam proses pembelajaran matematika. Dengan demikian diperlukan adanya kreativitas untuk menunjang minat dan motivasi siswa dalam belajar matematika salah satunya adalah dari sektor pengajar yang dituntut lebih kreatif dan aktif guna membantu siswa dalam memahami konsep dan prinsip-prinsip matematika. Penggunaan alat peraga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan  keterampilan dan kemampuan pembelajaran matematika.
Dengan penggunaan alat peraga matematika diharapkan dapat meningkatkan minat, kemampuan, dan motivasi siswa dalam mempelajari matematika khususnya mengenai materi bangun dimensi tiga yang dirasakan perlu penggunaan alat peraga matematika. Alat peraga matematika ini penting karena dapat membantu siswa memahami konsep-konsep yang abstrak dan juga dapat membantu menghilangkan persepsi siswa akan sulitnya mata pelajaran matematika.
Berdasarkan hal yang dipaparkan diatas maka dibutuhkan suatu alat peraga sederhana salah satunya Mimikri Kubus. Dengan alat peraga ini siswa diajak bermain sambil belajar sehingga siswa akan lebih mudah mengingat dan memahami materi yang ada dalam bangun dimensi tiga.
Dalam merancang alat peraga ini yang diperhatikan adalah mengenai konsep matematika yang diaplikasikan pada alat peraga ini. Konsep Matematika yang diaplikasikan dalam “MIMIKRI KUBUS” diantaranya :

a.      Materi                                   :   Geometri dan Pengukuran
Kelas                                      :    VIII Semester 2
Standar Kompetensi              :    Memahami sifat kubus
Kompetensi Dasar                 :  Mengidentifikasi sifat kubus, membuat jaring– jaring kubus, menghitung luas permukaan kubus.

b.      Materi                                   :   Ruang Dimensi Tiga
Kelas                                      :    X Semester 2
Standar Kompetensi              :    Menentukan kedudukan yang melibatkan titik, garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga
Kompetensi Dasar            :   Menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga


Dengan adanya alat peraga matematika ini diharapkan dapat merangsang minat dan motivasi siswa dalam belajar materi dimensi tiga khususnya pada kubus. Alat peraga Mimikri Kubus untuk dimensi tiga pada matematika ini dapat memberikan gambaran yang abstak menjadi gambaran yang konkret dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika yang menyenangkan, efektif, dan inovatif.






1 komentar:

  1. Assalamualaikum. Kak boleh nnya? Saya mau brtanya kak tentang apa saja bahan bahan dan alat dalam pembuatan mimikri kubus, dan cara pembuatannya. Terimakasih kak.

    BalasHapus