Salah satu alat peraga yang ditampilkan dibawah
ini adalah “MIMIKRI KUBUS”. Alat peraga
ini dibuat untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Media Pembelajaran Matematika. Regina Deshinta T. dan Olaf
Eko N. menjadi rekan satu tim saya (Siti Munirah).
Kata “MIMIKRI” diambil dari istilah biologi.
“Di saat Bunglon merasa terancam , Ia
akan mengubah warna kulitnya menjadi serupa dengan warna lingkungan sekitarnya,
sehingga keberadaannya tersamarkan. Fungsi penyamaran demikian disebut mimikri.”
Nama “MIMIKRI KUBUS” sendiri merupakan hasil
pemikiran Olaf Eko. Hal ini disesuaikan dengan konsep alat peraga yang kami
buat, “Satu Alat Peraga untuk Banyak Fungsi”. Artinya, alat peraga ini dapat
diubah-ubah untuk sebagai alat peraga untuk beberapa materi yang berkaitan
dengan kubus. Lebih lanjut mengenai alat peraga ini, berikut uraiannya.
ALAT PERAGA MATEMATIKA
MIMIKRI KUBUS
Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang terkesan sulit bagi
sebagian siswa. Anggapan tersebut
mengakibatkan turunnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika.
Hal ini berdampak pada pemahaman materi matematika siswa disekolah.
Menurut Ratini,
Rumgayatri, dan Siti Mustaqimah (2001) dalam penelitiannya mengatakan kesulitan
belajar matematika umumnya disebabkan karena sifat dari matematika yang
memiliki objek abstrak.Pelajaran matematika yang terkesan sulit ini bagi
sebagian siswa merupakan salah satu kendala bagi siswa untuk memahami dan
menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan matematika. Permasalahan
ini sudah menjadi problema umum dalam proses pembelajaran matematika. Dengan
demikian diperlukan adanya kreativitas untuk menunjang minat dan motivasi siswa
dalam belajar matematika salah satunya adalah dari sektor pengajar yang
dituntut lebih kreatif dan aktif guna membantu siswa dalam memahami konsep dan
prinsip-prinsip matematika. Penggunaan alat peraga merupakan salah satu cara
untuk meningkatkan keterampilan dan
kemampuan pembelajaran matematika.
Dengan penggunaan alat
peraga matematika diharapkan dapat meningkatkan minat, kemampuan, dan motivasi
siswa dalam mempelajari matematika khususnya mengenai materi bangun dimensi
tiga yang dirasakan perlu penggunaan alat peraga matematika. Alat peraga
matematika ini penting karena dapat membantu siswa memahami konsep-konsep yang
abstrak dan juga dapat membantu menghilangkan persepsi siswa akan sulitnya mata
pelajaran matematika.
Berdasarkan hal yang
dipaparkan diatas maka dibutuhkan suatu alat
peraga sederhana salah satunya Mimikri Kubus. Dengan alat
peraga ini siswa diajak bermain sambil belajar sehingga siswa akan lebih mudah
mengingat dan memahami materi yang ada dalam bangun dimensi tiga.
Dalam merancang
alat peraga ini yang diperhatikan adalah mengenai konsep matematika yang
diaplikasikan pada alat peraga ini. Konsep Matematika yang diaplikasikan dalam
“MIMIKRI KUBUS” diantaranya :
a.
Materi : Geometri dan Pengukuran
Kelas : VIII Semester 2
Standar
Kompetensi : Memahami sifat kubus
Kompetensi
Dasar : Mengidentifikasi
sifat kubus, membuat jaring– jaring kubus, menghitung luas permukaan kubus.
b.
Materi
: Ruang Dimensi Tiga
Kelas : X Semester 2
Standar
Kompetensi : Menentukan kedudukan yang melibatkan titik,
garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga
Kompetensi
Dasar : Menentukan
kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
Dengan adanya alat peraga matematika ini diharapkan dapat merangsang minat
dan motivasi siswa dalam belajar materi dimensi tiga khususnya pada kubus. Alat
peraga Mimikri Kubus untuk dimensi tiga pada matematika ini dapat memberikan
gambaran yang abstak menjadi gambaran yang konkret dan dapat digunakan sebagai
media pembelajaran matematika yang menyenangkan, efektif, dan inovatif.
Assalamualaikum. Kak boleh nnya? Saya mau brtanya kak tentang apa saja bahan bahan dan alat dalam pembuatan mimikri kubus, dan cara pembuatannya. Terimakasih kak.
BalasHapus